Jabatan Strategis Terbuka: Lima Kursi Kepala OPD di Padang Siap Dilelang

Ilustrasi.
Sumber :
  • Padang VIVA/Syaugi

Padang – Kesempatan emas kini datang bagi para calon pejabat yang berminat mengisi lima kursi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Padang. Pemerintah Kota Padang telah memutuskan untuk melelang jabatan-jabatan tersebut yang selama ini kosong. 

Pemkab Solsel Imbau Warga Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem

Mairizon, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, mengumumkan bahwa proses lelang ini telah dimulai sejak tanggal 5 Oktober 2023.

Lima jabatan strategis yang akan dilelang adalah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pertanahan, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Para calon pejabat memiliki waktu delapan hari lagi untuk mendaftar sebelum batas waktu pendaftaran ditutup.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

Mairizon menjelaskan bahwa ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh para bakal calon pejabat kepala OPD. Mereka harus merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang saat ini bekerja di Pemerintahan Kota Padang atau Provinsi Sumatera Barat. Selain itu, mereka juga harus memiliki pengalaman dalam menduduki jabatan administrator selama dua tahun.

"Selain itu, syarat lain yang harus dipenuhi adalah pengalaman minimal 5 tahun dalam organisasi perangkat daerah yang relevan dengan jabatan yang dilamar," tambahnya.

Strategi Pemko Padang Rekayasa Lalu Lintas Saat Helatan Festival Muaro Padang

Proses lelang jabatan akan memakan waktu cukup lama. Calon pejabat kepala OPD yang berhasil lolos seleksi administrasi akan mengikuti uji kompetensi yang akan dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau pada tanggal 26 hingga 27 Oktober 2023. 

Setelah itu, mereka akan mengikuti wawancara, dan tiga calon terbaik dari masing-masing jabatan akan diwajibkan menjalani tes kesehatan fisik dan rohani. Hasil terbaik dari seleksi ini akan dikirimkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada tanggal 8-11 November 2023.