Kabut Asap Padang Memburuk, Plt Kepala DLH Imbau Stop Pembakaran!

Ilustrasi pembakaran sampah
Sumber :
  • DLH Lombok Timur

Padang – Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Edi Hasymi, mengeluarkan imbauan tegas kepada warga Kota Padang untuk menghentikan praktik pembakaran. Tindakan tersebut diambil guna mengatasi perburukan kondisi udara yang saat ini tercemar oleh kabut asap.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

Edi Hasymi menyampaikan peringatannya dalam keterangan resmi di Balaikota, Aie Pacah, pada Kamis, 19 Oktober 2023. Dia mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kualitas udara yang semakin memburuk, dengan kondisi cuaca yang saat ini diklasifikasikan sebagai "tidak sehat."

Kepala DLH ini juga menyoroti dampak negatif yang mungkin timbul akibat kabut asap terhadap kehidupan sehari-hari warga. Oleh karena itu, dia dengan tegas meminta warga Kota Padang untuk menghentikan kebiasaan membakar apa pun, termasuk sampah, jerami, ban, dan sejenisnya.

Strategi Pemko Padang Rekayasa Lalu Lintas Saat Helatan Festival Muaro Padang

Hasymi menegaskan bahwa langkah ini adalah upaya untuk meminimalisir pencemaran udara yang disebabkan oleh aktivitas pembakaran. Selain memberikan imbauan, Dinas Lingkungan Hidup juga akan mengawasi dan memantau warga yang masih melanggar aturan ini.

"Kami akan aktif memantau kelompok atau individu yang masih terus melakukan tindakan melanggar," ujar Hasymi. 

Festival Muaro Semakin Dekat: Persiapan 90 Persen, Siap Hibur Warga dan Wisatawan

Hal ini dilakukan sejalan dengan upaya penegakan hukum lingkungan hidup. Dia mengingatkan bahwa pelanggaran hukum akan berhadapan dengan konsekuensi sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, termasuk bagi mereka yang tetap melakukan pembakaran.