Menaiki Tangga Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung Hingga 20%, Tapi Ada Syarat

Ilustrasi : Tangga
Sumber :
  • Pixabay

Padang – Penelitian terbaru yang dipublikasikan di Atherosclerosis Journal menunjukkan bahwa menaiki tangga secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 20%. Studi ini melibatkan 458 ribu orang yang diamati selama kurang lebih 12,5 tahun.

Bantu Wilayah Terdampak Bencana, BMHS Berikan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Hasil studi menunjukkan bahwa orang yang jarang atau tidak pernah menaiki tangga, serta mereka yang awalnya rutin namun berhenti, memiliki potensi 32% lebih besar mengalami gangguan kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner.

"Berjalan menaiki tangga adalah bentuk latihan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol baik, dan mengurangi penumpukan plak di arteri," ujar Alexandra L. Kharazi, MD, ahli bedah kardiotoracic.

Kota Padang Panjang Lampaui Target Nasional Penurunan Stunting

Namun, penting untuk diingat bahwa beberapa orang mungkin memiliki keterbatasan dalam melakukan olahraga seperti menaiki tangga. Kenaikan berat badan dan proses penuaan bisa menjadikan aktivitas ini sebagai sebuah tantangan.

"Menavigasi tangga bisa sulit seiring bertambahnya usia, terutama karena perubahan keseimbangan dan koordinasi," ujar Cara Dobbertin, dokter terapi fisik.

Kemendikbudristek Luncurkan Roadmap Sanitasi Sekolah 2024-2030  

Sebelum memulai rutinitas menaiki tangga, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut aman untuk dilakukan.