Atribut PKS dan NasDem Dicopot Jelang Kedatangan Anies Baswedan ke Bukittinggi 

Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

Padang – Beredar potongan video yang menampilkan aktifitas personel Satpol PP Kota Bukittinggi, Sumatera Barat mencopot atribut berupa bendera Partai PKS dan NasDem. Aksi pencopotan itu dilakukan jelang kedatangan Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Diketahui, sore ini Anies Baswedan tiba di Sumatera Barat. Sebelum bertolak ke Bukittinggi, Anies terlebih dahulu diagendakan berziarah ke makam Syekh Burhanuddin di Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman. 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bukittinggi, Joni Feri menyebut jika penertiban alat peraga kampanye yang dilakukan pihaknya itu, sudah sesuai dengan Peraturan (perda) 03 tahun 2015 tentang trantibum pasal 11 huruf c. 

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Pasal itu berbunyi setiap orang atau badan dilarang memasang, menempelkan, menggantungkan benda-benda apapun di pohon, di jalur hijau, taman dan tempat umum tanpa izin dari wali kota atau pejabat yang ditunjuk,” Ujar Joni Feri, Rabu 1 November 2023. 

Dia menegaskan jika penertiban yang dilakukan oleh Personilnya itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan kunjungan atau kedatangan Anies Baswedan ke Bukittinggi. Joni pun memastikan jika penertiban tidak cuma untuk bendera partai seperti yang tampak pada video yang beredar. Namun semua yang dilarang dalam aturan perda. 

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

“Penertiban dilakukan seputaran kota fasum lebih banyak di taman-taman kota. Semua sesuai yang tertera di pasal 11 huruf c yang tidak memiliki izin. Tidak ada kaitannya (kunjungan anies),"tutupnya.