Fly Over Sitinjau Lauik Disetujui, Gubernur Sumbar Siap Bangun

Rute Sitinjau Lauik
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, telah memberikan persetujuan resmi terhadap prakarsa proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Fly Over Sitinjau Lauik. Keputusan ini disambut gembira oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, yang siap bergerak cepat.

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak

Dalam surat tertanggal 30 Oktober 2023 dengan nomor BM 0201-Mn/2407, Menteri PUPR menyetujui rencana KPBU Fly Over Sitinjau Lauik. Gubernur Mahyeldi mengungkapkan rasa syukurnya atas keputusan ini dan menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi Sumbar untuk memajukan proyek ini.

"Alhamdulillah, tanggal 30 Oktober 2023 kemarin Bapak Menteri PUPR telah menyetujui Prakarsa Pengusahaan KPBU Fly Over Sitinjau Lauik. Selang lima hari saja setelah kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Sumbar, yang memang kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk menyampaikan terkait fly over ini," kata Gubernur Mahyeldi dalam keterangan persnya, Rabu (1/11/2023). 

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Pengurus PT Hutama Karya (HK) telah mengirimkan semua dokumen dan studi kelayakan pengusahaan KPBU Fly Over Sitinjau Lauik pada 31 Maret 2023 setelah proses "value engineering" bersama instansi terkait. Dalam surat persetujuan Menteri PUPR, ada beberapa poin yang perlu segera ditindaklanjuti untuk memastikan groundbreaking Fly Over Sitinjau Lauik pada 19 Desember 2023 sesuai rencana.

Gubernur Mahyeldi menjelaskan, "Ada dua poin yang perlu kita tindak lanjuti segera. Pertama, menyegerakan penyelesaian revisi RTRW yang saat ini sedang dalam proses baik di Kementerian PUPR maupun pembahasan di DPRD. Kedua, mendorong percepatan proses izin penggunaan kawasan hutan oleh Kementerian LHK, karena proyek ini melewati kawasan hutan lindung."

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Gubernur Mahyeldi berharap dukungan dari semua pihak untuk memastikan kesuksesan proyek ini. Dia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam upaya pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik.

"Kita berterima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang sangat cepat merespons. Semoga usaha bersama ini lekas terealisasi, sehingga segera berdampak pada perekonomian dan kenyamanan masyarakat pengguna jalan di Sumbar," tambah Gubernur Mahyeldi.

Halaman Selanjutnya
img_title