Puluhan Bangunan Rusak akibat Gempa NTT 

Gempa NTT
Sumber :
  • BNPB

Padang – Gempabumi dengan magnitudo (M) 6,3 mengguncang beberapa wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis dini hari, 2 November 2023. Gempa tersebut berdampak pada rusaknya 95 bangunan.

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB yang dikeluarkan pada pukul 21.40 WIB, bangunan rusak yang tercatat berada di Kabupaten Kupang dengan rincian 40 unit rumah warga, 8 unit fasilitas umum, 19 unit gedung pemerintahan dan 1 unit asrama panti asuhan. 

Kemudian, di wilayah Kota Kupang terdiri atas 20 unit rumah warga, 4 unit gedung perkantoran, 1 unit toko swalayan dan 1 unit hotel. Selanjutnya 1 sarana pendidikan alami kerusakan di Kabupaten Timor Tengah Selatan. 

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

"Sampai saat ini belum ada laporan terkait adanya korban jiwa maupun mengungsi akibat gempa tersebut,"kata Abdul Muhari melalui siaran persnya, Jumat 3 November 2023.

Pasca gempa hingga kini kata Abdul, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan tim gabungan yang ada di lokasi terdampak masih terus melakukan upaya penanganan. 

Penanganan Darurat Tetap Berlanjut Meskipun Status Gunungapi Ruang Turun menjadi Level III

Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Kupang dan BPBD Kupang sedang melakukan kaji cepat dampak bencana gempa bumi pada lokasi-lokasi terdampak. 

"Kaji cepat dilakukan. BPBD berkoordinasi dengan TNI/POLRI untuk melakukan pendataan dampak kejadian gempa bumi,"tutupnya.