Dinsos Padang Usut Kasus Dugaan Penyelewengan Dana Bansos

Ilustrasi Uang. Foto/Pixabay
Sumber :

Padang – Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Sumatera Barat, Heriza Syafani menyebut jika pihaknya kini sedang menelusuri dugaan penyelewengan dana Bantuan Sosial (Bansos) yang dilakukan oleh oknum pekerja sosial masyarakat (PSM).

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

"Dugaan penyelewengan dana Bansos itu, berkaitan dengan dana Bansos non tunai yang disalurkan melalui Kantor Pos,"kata Heriza Syafani, Senin 6 November 2023. 

Heriza menjelaskan, sesuai dengan mekaniems penyaluran dana bansos non tunai tersebut diberikan langsung kepada penerima yang sudah terdaftar pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Posisi pekerja sosial masyarakat, hanya bertugas melakukan pendataan untuk dimasukan ke data terpadu kesejahteraan sosial.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Data-data yang dikumpulkan itu, lalu akan diverifikasi oleh Kementerian sosial melalui dinas sosial Padang. Jadi tugas pekerja sosial masyarakat hanya melakukan pendataan bukan mengeksekusi. 

Tugas mereka (PSM) hanya melakukan pendampingan, bukan mengeksekusi bantuan tadi. Bantuan tadi disalurkan kepada si penerima, kalau memang PSM mendampingi, silahkan mendampingi, kalau menerima langsung tidak boleh. Kita sedang kumpulkan bukti-bukti,"tutupnya.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy