10th Interregional National Commissions for UNESCO: KNIU Dorong Inisiatif Berkelanjutan

Peserta 10th Interregional National Commissions for UNESCO
Sumber :
  • Humas Kemendikbud

Padang – Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengambil bagian dalam 10th Interregional National Commissions for UNESCO.

Kemendikbudristek Klaim Program Prioritas Terimplementasi dengan Baik di Nusa Tenggara Barat

Pertemuan ini, yang berlangsung pada 6 November 2023, merupakan bagian dari rangkaian pertemuan di sela Sidang Umum UNESCO, dihadiri oleh Komisi Nasional UNESCO dari seluruh negara anggota.

Sebanyak 168 Komisi Nasional untuk UNESCO serta Asisten Direktur Jenderal UNESCO untuk Pendidikan, Kebudayaan, Kerja Sama dan Hubungan Luar, dan Ilmu Sosial dan Manusia turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

Dalam pertemuan tersebut, KNIU menekankan peran aktifnya dalam sejumlah inisiatif dan proyek yang menyoroti keunggulan pendidikan, kesadaran lingkungan, dan pembangunan berkelanjutan. Upaya ini mencerminkan komitmen Indonesia terhadap kemajuan global dan tekadnya untuk mendorong perubahan positif.

"KNIU terus memupuk semangat kolaborasi, terutama dengan Kantor UNESCO Jakarta, dalam memajukan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development - ESD), sebagai bentuk komitmen kami terhadap masa depan yang berkelanjutan," ungkap Ketua Harian KNIU, Itje Chodidjah melalui siaran persnya, Sabtu 11 November 2023.

Menjelajah Warisan Budaya Minangkabau di Museum Bustanil Arifin Padang Panjang

Dalam kerja sama erat dengan Kantor UNESCO Jakarta, Itje Chodidjah menyatakan bahwa KNIU memimpin pengembangan proyek besar dengan fokus utama pada ESD. Proyek ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan praktik berkelanjutan dan menekankan pentingnya pemahaman dalam bidang lingkungan, sosial, dan ekonomi untuk masa depan yang cerah.

Itje Chodidjah menambahkan bahwa KNIU juga bekerja sama dengan Komisi Nasional Korea untuk UNESCO (KNCU) dalam beberapa proyek bersama yang menitikberatkan pada program UNESCO, ESD, dan prioritas masa depan.

Halaman Selanjutnya
img_title