Megawati Dikritik Tidak Tegas Tangani Kecurangan Internal PDIP

Presiden Jokowi dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Padang – Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), akhirnya buka suara dalam pidatonya terkait dinamika politik menuju Pilpres 2024. Dalam pidatonya, Megawati menyinggung soal manipulasi hukum hingga kecurangan di pemilu.

Ketua DPRD Solsel Sebut Ramadan Momentum Persatuan Masyarakat Pasca Pemilu

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menganalisa inti pidato Megawati ingin mengajak anak bangsa selamatkan Reformasi. Jamil Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), akhirnya buka suara dalam pidatonya terkait dinamika politik menuju Pilpres 2024.

Dalam pidatonya, Megawati menyinggung soal manipulasi hukum hingga kecurangan di pemilu.menilai, Megawati hanya mengulang apa yang sudah disampaikan para pengamat dan pakar bidang hukum dan politik.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

Meski demikian, Jamil menilai, pidato Megawati penting karena menekankan adanya ancaman nyata terhadap amanah reformasi dan demokrasi di tanah air. Jamil juga menangkap Megawati mengajak semua anak bangsa untuk mengawal dan menyelamatkan reformasi agar tidak digeroti oleh segelintir orang yang haus kekuasaan.

Namun, Jamil juga menilai, ajakan Megawati akan mendapat respon baik dari masyarakat bila didahului sikap tegas Megawati di internal partainya. Jamil menekankan Megawati mesti menunjukkan sikap tegas terhadap dua kader PDIP yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution yang sudah tak searah dengan partai.

Anies Sebut Ada Upaya Menggeser Percakapan Pilpres ke Pilkada

Jamil menilai, Gibran dan Bobby sudah tidak tegak lurus dengan keputusan Megawati dalam mengusung Ganjar Pranowo menjadi capres PDIP. Ini artinya, Gibran dan Bobby dinilai sudah tidak taat dengan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) PDIP.

Jamil menilai, jika Megawati tak bisa tegas pada kadernya, tentu sulit baginya mengajak anak bangsa untuk taat hukum. Sebab, menurut dia, Megawati akan dianggap sebagai sosok yang tebang pilih dalam memberi sanksi pada kadernya.

Halaman Selanjutnya
img_title