Pemko Padang Optimis Wilayahnya Jadi Smart City

Walikota Padang, Ekos Albar
Sumber :
  • Humas Pemko Padang

Padang – Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat optimis wilayahnya bakal jadi smart city. Menurut Wakil Walikota Padang, Ekos Albar kondisi terkini infrastruktur smart city yang meliputi infrastruktur fisik, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, serta infrastruktur sosial sudah cukup baik.

Bawa Ganja Ratusan Kilo, Oknum Polisi Padang Panjang Ditangkap 

Bahkan kata Ekos, pihaknya kini juga sudah mengembangkan 61 aplikasi pendukung pelayanan publik yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, mudah, transparan, dan akuntabel. Selain itu, terdapat pula 72 pelayanan aplikasi birokrasi untuk membantu penyelenggaraan pemerintahan dan efisiensi birokrasi.

"Sebagaimana diketahui, smart city meliputi aspek smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment," kata Ekos, Rabu 15 November 2023.

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak

Saat ini kata Ekos, Padang juga telah didukung oleh PCC 112 dan aplikasi Padang Kiniko untuk keterlibatan setiap OPD. Semoga dengan adanya evaluasi ini, kita dapat menjadi smart leader dan menjadikan Kota Padang ke arah yang lebih baik.

"Kita juga bertekad untuk menciptakan pelayanan yang maksimal dan masyarakat yang sejahtera. Pemko Padang tentu sangat menerima arahan dan kritikan. Kita bertekad untuk menjadikan Kota Padang menjadi smart city,"ujarnya.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Setdako Padang Corri Saidan menyebutkan, untuk mendukung smart city, kedepannya akan disinergikan dalam rangka percepatan reformasi birokrasi tematik.

"Konsep smart city sudah termasuk dalam konsep perencanaan pembangunan daerah, dan ditegaskan keterlibatan setiap OPD yang untuk meningkatkan pelayanan sekaligus menciptakan inovasi," tutup Corri.