Abu Vulkanik Gunung Merapi Tersebar Hingga Magelang 

Visual Letusan Gunung Merapi
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Hujan abu vulkanik akibat peristiwa erupsi Gunung Merapi pada Jumat malam tadi, juga dirasakan di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dua desa di Kecamatan Sawangan, yakni Desa Banyoroto dan Desa Wonolelo, terdampak hujan abu vulkanik dengan intensitas ringan.

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Wasono mengatakan, pihaknya langsung bergerak cepat untuk merespons dampak hujan abu vulkanik tersebut. BPBD Kabupaten Magelang membagikan masker kepada warga di dua desa terdampak.

“Kami membagikan masker kepada warga untuk melindungi diri dari dampak abu vulkanik,” kata Edi, Sabtu 2 Desember 2023.

Gunungapi Ruang Turun Status ke Level III

Edi juga mengimbau warga untuk tetap tenang dan tidak panik. Ia juga meminta warga untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya erupsi Gunung Merapi.

“Kami mengimbau warga untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya erupsi Gunung Merapi. Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, kami akan segera memberikan informasi kepada masyarakat,” tutup Edi.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

https://padang.viva.co.id/ragam-perkara/2753-waspada-gunung-merapi-kembali-muntahkan-apg

Sebelumnya, Gunung Merapi kembali meletus pada Jumat malam sekira pukul 19.27 WIB. Kali ini, awan panas guguran (APG) meluncur sejauh 2.000 meter ke arah barat daya (Kali Bebeng) dan 1.200 meter ke arah selatan (Kali Boyong).

Halaman Selanjutnya
img_title