Polisi Bakal Panggil BKSDA Selaku Pengelola TWA Marapi

Evakuasi Korban Erupsi Marapi
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

PadangKepolisian Daerah Sumatera Barat dalam waktu dekat akan segera memanggil pihak dari Balai Konservasi Daya Alam (BKSDA) Sumbar selaku penanggung jawab dan pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Marapi.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Kepala Bidang Humas Polda Sumatra Barat (Sumbar), Kombes Dwi Sulistyawan menyebut, jika pemanggilan itu guna meminta keterangan lebih lanjut mengenai prosedur aktivitas pendakian. Termasuk, menggali apakah adanya unsur kelalaian hingga banyak menelan korban jiwa akibat letusan dan erupsi gunung Marapi.

"Begitu ada erupsi terus korbannya banyak, sehingga tak mungkin Polri tinggal diam. Kenapa kok korbannya bisa banyak," kata Dwi Sulistyawan, Jumat 8 Desember 2023. 

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

Dwi bilang, setiap bentuk unsur kelalaian yang menyebabkan orang meninggal dunia, terdapat pasal pidana. Untuk itu, pihaknya perlu meminta keterangan dari BKSDA Sumbar selaku pengelola dan penanggung jawab TWA Marapi.

Sementara itu, Plh. Kepala BKSDA Sumatera Barat, Dian Indriati memastikan jika pihaknya siap memenuhi panggilan dari Kepolisian untuk memberikan keterangan lebih lanjut terkait seperti apa bentuk pengelolaan dan tanggung jawab BKSDA Sumbar terkait dengan TWA Marapi.   

Koper CJH Maksimal 32 Kg, Simak Penjelasan Kemenag Sumbar

"Sebagai warga negara yang baik, jika ada pemanggilan dari Polda kita siap memberikan keterangan,"tutup Dian Indriati.