BKSDA Sumbar Serahkan Santunan Korban Erupsi Marapi

Penyerahan Santunan Erupsi Marapi
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat menyerahkan santunan kepada keluarga korban erupsi Gunung Marapi. Santunan tersebut diserahkan di kampus Politeknik Negeri Padang, Kamis 14 Desember 2023.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Plh Kepala BKSDA Sumbar Dian Indriati mengatakan, santunan tersebut diberikan kepada 35 korban, baik yang meninggal dunia, rawat inap, maupun rawat jalan.

"Santunan ini merupakan bentuk duka dan rasa tanggung jawab dari BKSDA selaku pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Marapi. Dari 35 penerima santunan, hari ini kita berikan ke 15 penerima. Untuk mahasiswa UNP sesuai permintaan pihak kampus akan diberikan pada saat acara wisuda nanti," kata Dian, Kamis 14 Desember 2023.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Dian menjelaskan, santunan tersebut terdiri dari dua jenis, yaitu santunan dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan dan santunan dari Asuransi Amanah Githa dengan total, untuk korban meninggal dunia sebesar Rp10 juta, rawat inap sebesar Rp14,5 juta, rawat jalan sebesar Rp7,5 juta, dan luka ringan sebesar Rp2,5 juta.

Sebenarnya kata Dian, dalam klausul asuransi, tidak menanggung untuk korban yang disebabkan bencana alam. Namun, upaya pemberian santunan disetujui pihak asuransi sehingga keluarga korban menerima santunan dari Asuransi Amanah Githa sebagai bentuk turut berduka dan kepedulian serta tanggungjawab moril.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy