Walikota Padang: TPK Solusi Atasi Stunting

Ilustrasi Stunting. Foto/Pixabay
Sumber :

Padang – Walikota Padang Hendri Septa mengatakan, Tim Pendamping Keluarga (TPK) memiliki peranan penting dalam menangani masalah stunting di Kota Padang.

Bus Trans Padang Koridor 3 Siap Mengaspal, Layani Rute Baru Hingga RSUD dr. Rasidin

Menurut Hendri Septa, TPK merupakan tenaga yang dibentuk terdiri dari bidan, kader TP PKK dan kader KB, untuk melaksanakan pendampingan bagi calon pengantin/calon pasangan usia subur, ibu hamil, ibu pasca persalinan, anak usia 0-59 bulan serta melakukan surveilans keluarga berisiko stunting.

"Pemerintah Kota Padang telah membentuk TPK sebanyak 489 tim yang tersebar di 104 kelurahan dan 11 kecamatan yang berjumlah 1.467 orang. Mereka nanti yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan memberikan masukan serta saran agar masyarakat memiliki asupan gizi sesuai yang dibutuhkan," kata Hendri Septa, Rabu 20 Desember 2023.

Festival Muaro Padang: Semarak Budaya "Tempo Doeloe" Menanti Pengunjung dan Wisatawan

Ia menambahkan, untuk mendukung kinerja para TPK di lapangan, Pemerintah Kota Padang juga telah memberikan insentif kepada para TPK, baik yang bersumber dari APBD Kota Padang, pemerintahan pusat, Corporation Social Responsibility (CSR) dan bantuan dari pihak lainnya.

"Kami sangat berharap dengan adanya TPK ini dapat menangani masalah stunting di Kota Padang. Stunting merupakan kemunduran dalam hal fisik, kemunduran dalam hal pertumbuhan mental dan kemunduran otak, yang harus dicegah agar kita dapat membentuk generasi berkualitas," ujarnya.

ASN Padang Tunjukkan Semangat Baru di Hari Pertama Kerja Pasca Lebaran, Kehadiran Capai 100 Persen

Pemko Padang kata Hendri Septa, berharap dengan adanya TPK, masalah stunting di Kota Padang dapat teratasi. Stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan otak dan fisik anak.