Banjir Bandang Terjang Mandailing Natal, 86 Santri dan 9 Warga Mengungsi

Banjir Bandang Madina
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Hujan lebat dan meluapnya Sungai Binanga Bolon menyebabkan banjir bandang di Nagari Purba Pasir, Kecamatan Haranggail, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara, Rabu malam tadi sekira pukul 23.00 WIB.

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mandailing Natal, Mukhsin Nasution menyebut banjir bandang ini menyebabkan 86 jiwa santri dan 9 jiwa lainnya mengungsi. 

"Puluhan jiwa yang mengungsi sementara diarahkan ke sekolah pesantren terdekat. Selain itu, satu jiwa mengalami luka-luka dan langsung dievakuasi ke rumah sakit terdekat,"kata Mukhsin Nasution, Kamis 21 Desember 2023.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

Banjir bandang ini kata Mukhsin Nasution, juga menyebabkan sejumlah bangunan rusak. Sebanyak 36 unit pondok santri hanyut terbawa arus banjir bandang, 2 unit rumah rusak berat dan 2 sarana ibadah terdampak.

BPBD Kabupaten Mandailing Natal melaporkan bahwa saat ini banjir sudah surut dan pihaknya telah mengerahkan bantuan logistik bagi warga terdampak. Bantuan logistik berupa makanan siap saji dan kebutuhan dasar lainnya telah didistribusikan.

Warga Lumajang Mengungsi Mandiri Pasca Banjir Lahar Dingin Semeru, 3 Jembatan Rusak

BPBD juga sedang berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak pondok pesantren dan otoritas daerah terkait untuk pembersihan dan pemulihan bangunan rusak.