Penyaluran BOSP 2024 Tercepat Sepanjang Sejarah

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim
Sumber :
  • Humas Kemendikbudristek

Padang – Penyaluran Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) 2024 mencetak rekor tercepat sepanjang sejarah. Hingga 19 Januari 2024, rekomendasi penyaluran tahap I gelombang I telah mencapai 95% dari total 419.218 satuan pendidikan.

Pemprov Sumbar Perkuat Kerjasama Dengan Kerajaan Arab Saudi

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengapresiasi kerja sama semua pihak yang terlibat dalam penyaluran dana BOSP, yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, serta Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

"Berkat kerja sama yang baik, rekor penyaluran dana BOSP tercepat dapat terwujud pada awal tahun ini,"kata Nadiem, Kamis 18 Januari 2023.

Kota Padang Siaga 1 Banjir, Evakuasi Warga Terus Dilakukan

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Iwan Syahril mengatakan, kebijakan penyaluran Dana BOS langsung ke rekening satuan pendidikan telah mengurangi keterlambatan penyaluran sebesar 32 persen.

Selain itu, pemerintah juga merelaksasi ketentuan syarat penyaluran Dana BOSP Tahap I dan memperhitungkan pertanggungjawaban penatausahaan di tahap II.

Anggota Dewan Ini Bikin Klub dan Akademi Sepakbola di Sumbar

Sekretaris Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Praptono menuturkan, sebanyak 95% atau 402.831 satuan pendidikan telah direkomendasi penyalurannya pada tahap satu gelombang pertama.

Berbagai platform teknologi seperti Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) dan Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah) juga hadir untuk mendukung pengelolaan dana BOSP mulai dari perencanaan hingga pelaporan.

Halaman Selanjutnya
img_title