Erupsi Gunung Marapi, Buya Zulhamdi Ajak Masyarakat Perbanyak Ibadah dan Istighfar

Erupsi Marapi
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Gunung Marapi, salah satu gunung berapi aktif di Sumatera Barat, telah erupsi selama lebih dari satu bulan. Erupsi ini telah menyebabkan korban jiwa dan kerusakan.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang PanjangBuya Zulhamdi mengajak masyarakat untuk memperbanyak ibadah dan istighfar untuk meringankan musibah ini.

Buya Zulhamdi mengatakan bahwa erupsi Gunung Marapi merupakan tanda kekuasaan Allah SWT. Ia mengajak umat Islam untuk memperbanyak ibadah dan istighfar agar musibah ini tidak menjadi semakin berat.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

"Semua tak luput dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Ilmu pengetahuan kita terbatas. Kita tak bisa mengendalikan. Sebagai mukmin perbanyak amal ibadah dan istighfar. Semoga tidak menjadi musibah yang berat bagi kita. Kuatkan keimanan," kata Buya Zulhamdi, Kamis 18 Januari 2023.

Ia juga mengimbau umat Islam untuk tidak meninggalkan salat lima waktu dan berperilaku sesuai tuntunan dan perintah Allah SWT dan Rasulullah.

Koper CJH Maksimal 32 Kg, Simak Penjelasan Kemenag Sumbar

"Jangan sombong dan angkuh terhadap kemajuan ilmu dan teknologi. Di sisi lain, tetap tenang, jangan panik atau stres. Tetap patuhi anjuran pemerintah atau orang berilmu," sebutnya.

Pemerintah Kota Padang Panjang telah mengimbau masyarakat untuk memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan untuk mengatasi paparan abu vulkanik. Kegiatan di luar ruangan sekolah seperti upacara bendera, kegiatan keagamaan, dan olahraga juga ditiadakan sementara waktu.