Belasan Warga Luka Akibat Angin Kencang Bondowoso

Dampak Angin Kencang di Desa Walidono
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Pemuktahiran data BPBD Kabupaten Bondowoso, hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Desa Walidono, Kecamatan Prajekan, Bondowoso, Jawa Timur, pada Kamis sore kemarin, mengakibatkan, 202 unit rumah rusak dan 11 orang luka-luka.

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

Agen Informasi Bencana BPBD Jatim yang membantu Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Bondowoso, Hariski Bashori melaporkan kerusakan paling parah terjadi di Dusun Sumberkencono, Dusun Krajan, Dusun Sampan, dan Dusun Paterongan.

"Selain rumah, angin kencang juga menyebabkan 12 pohon tumbang, satu kubah masjid rusak, kanopi kantor Desa Walidono rusak, dan kanopi BUMDES Walidono rusak,"kata  Hariski melalui siaran pernya, Sabtu 20 Januari 2024.

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

Menurut Hariski, korban luka-luka akibat angin kencang telah mendapatkan perawatan di Puskesmas Pembantu Desa Walidono. Mereka telah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

"BPBD Kabupaten Bondowoso telah mendirikan Posko Tanggap Darurat di Kantor Desa Walidono. Posko ini digunakan untuk memantau kondisi dan melakukan pendataan korban terdampak angin kencang,"ujarnya.

Penanganan Darurat Tetap Berlanjut Meskipun Status Gunungapi Ruang Turun menjadi Level III

Sementara itu, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siap siaga menghadapi potensi bencana hidrometeorologi seperti angin kencang yang saat ini berpotensi besar terjadi di beberapa daerah di Indonesia.