Indonesia Pimpin Kelompok Kerja Pariwisata dan Budaya ASEAN Korea Centre

Kelompok ASEAN Korea Centre
Sumber :
  • Humas Kemenlu RI

Padang – Indonesia terpilih sebagai pemimpin Kelompok Kerja Pariwisata dan Budaya ASEAN Korea Centre (AKC) pada sidang pertama tahun 2024.

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul ditunjuk sebagai ketua, sementara Kedutaan Besar Republik Demokratik Lao di Seoul sebagai wakil ketua.

Indonesia terpilih sebagai pemimpin kelompok kerja ini, karena dinilai memiliki peran krusial dalam menguatkan kerja sama antara negara-negara ASEAN dan Korea Selatan di sektor pariwisata dan budaya. 

Menjaga Eksistensi Silek Galombang Duobaleh

KBRI Seoul, sebagai motor penggerak di belakang promosi pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif Indonesia, bertekad memajukan kerja sama ini dengan berbagai kegiatan.

Koordinator Fungsi Ekonomi Kreatif dan Digital KBRI Seoul, Joannes Ekaprasetya Tandjung menjelaskan bahwa, kepemimpinan Indonesia akan menjadi corong untuk menyuarakan kepentingan terkait pariwisata dan budaya dari negara-negara ASEAN Committee in Seoul kepada ASEAN Korea Centre (AKC). Mereka juga berupaya menggali kerjasama lebih luas berbasis budaya dan pariwisata.

Gubernur Mahyeldi: Jumlah Perantau Disinyalir Melebihi Jumlah Penduduk Sumbar

"Indonesia, yang kini memimpin di tengah pandemi COVID-19, akan mengarahkan strategi kerjasama sektor pariwisata dan budaya antara negara anggota ASEAN dan Korea Selatan. Program-program unggulan, seperti ASEAN-Korea Culture and Tourism Integrated Experience, diharapkan akan mempererat kerjasama di bidang ini,"kata Joannes Ekaprasetya Tandjung dikutip dari siaran resminya, Sabtu 20 Januari 2024.

Ia menyebut pada tahun 2023, Indonesia berfokus pada tema "ASEAN Matters Epicentrum of Growth" dan menyelenggarakan acara menarik seperti ASEAN Week 2023, pembuatan video promosi pariwisata, Perpustakaan Digital ASEAN, dan Forum Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan. Agenda tahun 2024 akan melibatkan promosi pariwisata, pertukaran budaya, dan program-program menarik lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title