Pemko Padang Siap Bersinergi Atasi Perubahan Iklim

Dampak Banjir Bandang Jorong Dalam Koto
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Pemerintah Kota Padang berkomitmen untuk bersinergi dengan stakeholder terkait dalam mengatasi perubahan iklim. Hal ini disampaikan Kepala Badan Kesbangpol, Tarmizi Ismail usai menghadiri kegiatan Komunikasi Sosial TNI AD Senin kemarin di Jakarta.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

Tarmizi Ismail menyebut, saat ini kita sudah merasakan dampak erupsi Marapi, cuaca panas yang tinggi dan kadang hujan yang lebat. Ini menjadi acuan bagi kita. Untuk itu, diperlukan koordinasi yang intens bersama stakeholder terkait menimbang terjadinya perubahan iklim yang akan berdampak di berbagai sektor.

"Semoga terbangun komunikasi dalam rangka berkoordinasi untuk melaksanakan aksi lebih nyata dalam menghadapi perubahan iklim," kata Tarmizi, Selasa 23 Januari 2024.

Strategi Pemko Padang Rekayasa Lalu Lintas Saat Helatan Festival Muaro Padang

Terpisah, Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat Mayor Jenderal TNI Joko Hadi Susilo mengatakan bahwa perubahan iklim merupakan masalah yang serius. Fenomena ini berdampak pada lingkungan, seperti sektor pertanian, perikanan, kesehatan, dan pangan.

"Perubahan iklim tentunya akan berdampak pada stabilitas keamanan, diperlukan kolaborasi antara komponen yang bertanggung jawab atas bencana yang bisa terjadi. Perlunya mengatasi tantangan bersama bagi generasi mendatang," katanya.

Festival Muaro Semakin Dekat: Persiapan 90 Persen, Siap Hibur Warga dan Wisatawan

Ia menambahkan, penyelenggaraan komunikasi sosial dengan aparat pemerintah diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus menjalin sinergitas TNI AD dengan pemerintah serta komponen masyarakat.

"Kita mengharapkan terjalinnya sinergi dalam mengatasi perubahan iklim, menambah wawasan dan solusi dalam menghadapi perubahan iklim. Sehingga terjalinnya komunikasi yang intensif antara TNI AD bersama pemerintah untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa," tutupnya.