Ganjar Bikin Terobosan Baru, Hapus Utang Petani dan Nelayan Demi Kedaulatan Pangan

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo
Sumber :
  • viva/Rahmat Fatahillah Ilham

Padang – Penghapusan utang atau kredit macet petani dan nelayan kecil di Indonesia penting untuk dilakukan, guna mengangkat derajat kesejahteraan mereka. Petani dan nelayan adalah tulang punggung kedaulatan pangan, tapi kesejahteraan mereka belum serius diperhatikan.

Jelang Idul Fitri Pemprov Sumbar Prediksi Harga Pangan Stabil

Calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo berjanji akan menghapuskan utang atau kredit macet nelayan kecil dan petani gurem. Menurut Ganjar, langkah afirmatif ini diperlukan untuk mendongkrak kesejahteraan petani dan nelayan yang rentan.

“Utang (kredit macet) nelayan sekitar Rp190-an miliar kalo tidak salah, (bisa) lebih kecil lagi. Karena jumlah petani (nelayan) 2,2 juta orang,” kata Ganjar Pranowo, Selasa 6 Februari 2024.

Pemerintah Kota Padang Panjang Gelar Gerakan Pangan Murah

Menurut dia, jumlah tersebut masih lebih kecil dibanding Kredit Usaha Rakyat (KUR) petani yang mencapai Rp600-an miliar. Namun, menurutnya, angkat tersebut tidak terlalu besar dibanding manfaat yang akan dirasakan dari program ini.

Ganjar membeberkan saat mendengar keluhan para petani dan nelayan kecil, dirinya merasa ikut sedih. Dituturkan, sehari-hari nelayan sudah banting tulang, namun selalu saja ada kendala yang membuat pendapatan nelayan tak seberapa. 

Sah Menang, Prabowo Subianto Sampaikan Terima Kasih Untuk Rakyat Indonesia

“Pendapatan yang cuma pas untuk hidup. Bahkan sering minus. Inilah yang kemudian memaksa petani dan nelayan ngutang. Lho? Ya, karena Untuk meringankan beban petani dan nelayan, sehingga hutang macet mereka akan dihapuskan,” katanya.

Kata Ganjar, selain untuk biaya hidup, nelayan biasa menggunakan utang tersebut untuk kebutuhan pembelian solar untuk bisa kembali melaut.

Halaman Selanjutnya
img_title