Polda Sumbar Mantapkan Pengamanan Masa Tenang Pemilu 2024

Kapolda Sumbar (kanan)
Sumber :
  • Humas Polda Sumbar

Padang – Polda Sumatera Barat (Sumbar) menggelar apel pasukan pengamanan masa tenang Pemilu 2024 di halaman gedung Samapta Polda Sumbar, Minggu 11 Februari 2024. Apel ini diikuti oleh personel Polda Sumbar dan instansi terkait yang bertugas mengamankan jalannya pemilu.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama masa tenang. Beliau menginstruksikan kepada seluruh personel untuk bersiaga penuh dan bertindak tegas terhadap segala bentuk potensi gangguan.

"Masa tenang ini merupakan masa krusial dalam proses pemilu. Oleh karena itu, saya minta kepada seluruh personel untuk meningkatkan kewaspadaan dan patroli di seluruh wilayah," kata Suharyono, Minggu 11 Februari 2024.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Ia mengungkap jika pihaknya juga sudah menyiapkan strategi pengamanan yang matang untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan selama masa tenang. 

Strategi itu meliputi, peningkatan patroli yang diintensifkan di seluruh wilayah, terutama di daerah yang rawan terjadi gangguan keamanan. Lalu, pemantauan intensif yang dilakukan terhadap potensi kerawanan, seperti kampanye hitam, ujaran kebencian, dan money politics.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

Koordinasi kata Suharyono, juga diperkuat dengan KPU, Bawaslu, TNI, dan pemerintah daerah. Lalu, penguatan di titik-titik strategis yang menempatkan personel di tempat pemungutan suara (TPS) dan pusat perhitungan suara.

Serta, pendekatan preventif dengan menekankan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kedamaian selama masa tenang.

Halaman Selanjutnya
img_title