Marapi Erupsi Lagi

Erupsi Marapi
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Gunung Marapi di Sumatera Barat kembali mengalami kejadian erupsi pada hari Senin, (12/2/2024), pukul 07:40 WIB.

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang Tuntas

Data rilis Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi mencatat kolom abu teramati mencapai ketinggian sekitar 600 meter di atas puncak atau pusat erupsi dengan warna putih hingga kelabu berintensitas sedang condong ke arah timur laut.

"Erupsi masih berlangsung hingga laporan ini dibuat,"kata Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi, Ahmad Rifandi , Senin (12/2/2024).

Kota Padang Panjang Lampaui Target Nasional Penurunan Stunting

Sampai saat ini kata Ahmad, Gunung Marapi saat ini masih berada pada status level III alias siaga dengan beberapa rekomendasi diantaranya, masyarakat di sekitar Gunung Marapi, pendaki, pengunjung, dan wisatawan masih dilarang memasuki dan melakukan kegiatan dalam radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (Kawah Verbeek) Gunung Marapi.

Lalu, masyarakat yang bermukim di sekitar lembah, aliran atau bantaran sungai, harus selalu mewaspadai potensi bahaya lahar, terutama saat musim hujan. Masyarakat di wilayah terpapar abu vulkanik juga diminta untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut guna menghindari gangguan saluran pernapasan (ISPA).

Pagi Ini Gunung Marapi Erupsi Lagi, Status Siaga Tetap Diberlakukan

"Gunakan juga pelindung mata dan kulit, amankan sarana air bersih. Dan, membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal untuk menghindari roboh,"tutup Ahmad.