Dukungan Pemprov Sumbar Tingkatkan Partisipasi Pemilih Difabel

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah. FOTO/Istimewa
Sumber :

Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi menyebut jika pihaknya berkomitmen meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024, termasuk bagi penyandang disabilitas.

Fraksi Gerinda Sumatera Barat Usul Pansus Dugaan Penyelewengan Pajak di Bapenda

Salah satu upaya yang dilakukan saat ini kata Mahyeldi, adalah dengan mendampingi 18 difabel tunarungu yang tinggal di Panti Sosial Bina Grahita (PSBG) Harapan Ibu Kota Padang, yang terdaftar sebagai pemilih tetap.

"Semua warga Negara memiliki hak yang sama untuk memilih, termasuk penyandang disabilitas. Pemprov Sumbar berkomitmen untuk memastikan semua warga negara, termasuk penyandang disabilitas, dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024," kata Mahyeldi, Senin 12 Februari 2024

Maknyusnya Kolak Labu Kuning Yang Bikin Ketagihan 

Mahyeldi memastikan jika pihaknya akan mendampingi para difabel tunarungu di PSBG Harapan Ibu saat mereka mencoblos di TPS terdekat pada 14 Februari nanti.

Sebelumnya kata Mahyeldi, KPU Padang telah memberikan sosialisasi kepada pengurus panti. Namun, untuk memastikan para difabel tunarungu memahami cara mencoblos, Pemprov Sumbar akan mengadakan bimbingan khusus.

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang Tuntas

"Kami ingin memastikan mereka memahami teknis pencoblosan sehingga dapat menggunakan hak pilihnya dengan maksimal," ujar Mahyeldi.

Pemprov Sumbar kata Mahyeldi, menargetkan partisipasi pemilih di Sumbar pada Pemilu 2024 mencapai 80 persen. Untuk mencapai target tersebut, berbagai upaya terus dilakukan, seperti sosialisasi kepada masyarakat melalui berbagai media, pembentukan relawan demokrasi dan, penyediaan akses bagi pemilih disabilitas.