Kapolda Sumbar Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu 2024

Kapolda Sumatera Barat (kiri)
Sumber :
  • Humas Polda Sumbar

Padang – Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol. Suharyono, memimpin apel pergeseran pasukan personel Polri BKO pengamanan TPS tahap pemungutan suara Pemilu 2024 di lapangan depan Mapolda Sumbar, Senin 12 Februari 2024.

Fraksi Gerinda Sumatera Barat Usul Pansus Dugaan Penyelewengan Pajak di Bapenda

Irjen Pol. Suharyono menekankan pentingnya pengamanan TPS untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses pemungutan dan penghitungan suara

"Sebanyak 4.573 personel Polri akan dilibatkan dalam pengamanan TPS, dengan rincian 1.141 personel dari Polda Sumbar dan 3.432 personel dari Polres jajaran,"kata Irjen Pol. Suharyono, Senin 12 Februari 2024.

Maknyusnya Kolak Labu Kuning Yang Bikin Ketagihan 

Ia juga menjelaskan beberapa tantangan yang dihadapi dalam pengamanan TPS, antara lain, lokasi TPS yang jauh dan terpencil, transportasi yang tidak memadai, termasuk transportasi laut, sungai, dan tradisional. Lalu kurangnya jaringan listrik dan internet di beberapa TPS, masih ada 79.404 pemilih yang belum memiliki KTP-elektronik.

Sedangkan ancaman bencana alam, seperti hujan, banjir, tanah longsor, erupsi gunung, angin puting beliung, badai, dan gempa.

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang Tuntas

Untuk itu kata Irjen Pol. Suharyono, strategi pengamanan, antara lain pemetaan dan analisis kerawanan di setiap TPS, penempatan personel Polri di setiap TPS, patroli dan pengawasan di sekitar TPS, koordinasi dengan KPU, Bawaslu, dan stakeholder terkait hingga simulasi pengamanan TPS.

"Saya tegaskan seluruh personel Polri yang terlibat dalam pengamanan TPS untuk menjaga netralitas dan profesionalitas, melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan, menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.