Gempa Magnitudo 3,1 Guncang Tasikmalaya: BMKG Sebut Sumbernya dari Daratan

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/pri

Padang – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya gempa tektonik yang mengguncang wilayah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, dan sekitarnya pada Jumat malam. Gempa ini memiliki magnitudo M3,1 dan berasal dari daratan daerah setempat.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

Menurut Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, titik episenternya berada di darat dengan koordinat 7.38 LS dan 108.24 BT, sekitar 8 kilometer dari arah Tenggara Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, pada kedalaman 6 kilometer. Guncangan gempa ini dirasakan di daerah Tasikmalaya dengan skala intensitas III MMI, di mana getarannya terasa nyata dalam rumah seperti ada truk yang berlalu.

Guncangan juga dirasakan di Pangandaran dan Ciamis dengan Skala Intensitas II - III MMI, di mana beberapa orang merasakan getaran, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang, terasa nyata dalam rumah.

Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kota Bandar Lampung

Hartanto menjelaskan bahwa analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar lokal di wilayah setempat. Namun, BMKG memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami berdasarkan hasil pemodelan.

Selain itu, BMKG belum mendeteksi adanya gempa susulan atau dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa tersebut sejak pukul 19.18 WIB hingga saat ini.

Banjir Demak Surut, Ribuan Pengungsi Kembali ke Rumah

Meskipun demikian, BMKG tetap mengimbau masyarakat setempat agar tetap waspada, tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu terkait gempa daratan ini, yang belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.