Presiden Harap Pers Tetap Jadi Pilar Jaga Demokrasi

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

PadangPresiden Joko Widodo berharap pers harus tetap menjadi salah satu pilar menjaga demokrasi. Pesan tersebut disampaikan Presiden saat menghadiri puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2024. 

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

"Pers harus menjadi tetap salah satu pilar menjaga demokrasi, pers menjadi rumah bersama untuk menjernihkan informasi. Beritakanlah fakta-fakta apa adanya, tapi bukan mengada-ada, bukan asumsi-asumsi, bukan seolah-olah ada," kata Presiden dalam pidatonya di puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Ecovention Ancol, Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Selain itu, ia berharap perusahaan pers terus melakukan inovasi agar adaptif dalam merespons perubahan zaman. "Mampu berdiri tegak secara mandiri di tengah persaingan global," ujarnya.

HKBN 2024: Ratusan Bibit Cemara Laut dan Ketapang Bakal Ditanam di Pantai Cimpago

Menurut Presiden, pemerintah menyadari berbagai tantangan yang dihadapi insan pers di era digital. Untuk itu, ia pun telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) nomor 32 tahun 2024, tentang tanggung jawab perusahaan platform digital untuk mendukung jurnalisme berkualitas atau Publisher Right. 

Presiden menyebut, semangat awal dari Perpres ini agar jurnalisme Indonesia berkualitas, jauh dari konten-konten negatif, dan mengedukasi.

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang Tuntas

"Kita juga ingin memastikan keberlanjutan industri media nasional, kerja sama yang lebih adil antara perusahaan pers dan platform digital. Kita ingin memberikan kerangka umum yang jelas bagi kerja sama perusahaan pers dan platform digital," ucapnya.

Ia memastikan, perpres ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk mengurangi kebebasan pers dan mengatur konten. Ia menegaskan, Perpres Publisher Right lahir dari inisiatif insan pers.

Halaman Selanjutnya
img_title