10 Warga di Pessir Selatan Hilang Dihamtam Longsor

Tangkapan Layar Lokasi longsor di Langgai
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Sepuluh warga di Kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), dikabarkan hilang tertimbun longsor pada Kamis malam 7 Maret 2024 sekitar pukul 23.00 WIB. Regu penyelamat gabungan pun sudah dikerahkan untuk melakukan pencarian.

Walinagari Tak Kunjung Dilantik, Warga Protes ke Camat Koto XI Tarusan

"Laporan yang kita terima ada 10 warga yang hilang. Satu sudah ditemukan meninggal dunia,"kata Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, Ilham Wahab, Jumat 8 Maret 2024.

Ilham bilang, upaya pencarian sembilan warga yang hilang tertimbun longsor di Kampung Langgai tersebut, terhambat oleh akses menuju lokasi yang masih sulit dijangkau.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

"Akses menuju kesana masih sulit dijangkau. Namun, sudah ada beberapa rekan-rekan BPBD Pesisir Selatan yang sudah berada di lokasi untuk melakukan proses pencarian,"ujar Ilham.

Ilham menambahkan, untuk membuka akses jalan yang tertutup, alat berat sudah dikerahkan. Bahkan, beberapa diantaranya di siagakan di beberapa titik lokasi rawan longsor.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

Terkait dengan banjir, menurut Ilham selain kota Padang, banjir juga terjadi di Kabupaten Mentawai, Pasaman, Pesisir Selatan, dan Padang Pariaman.

"Untuk status tanggap darurat belum ya. Itu tergantung dari Kabupaten dan kota terdampak. Apabila masih bisa di handle maka status tanggap darurat tingkat provinsi masih belum diberlakukan,"tutup Ilham.