Jelang Idul Fitri Pemprov Sumbar Prediksi Harga Pangan Stabil

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy
Sumber :
  • Humas Pemprov Sumbar

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memprediksi, terjadinya stabilisasi harga pangan jelang perayaan Idul Fitri tahun 2024. Kondisi itu tak lepas dari Sumbar sebagai salah satu provinsi produsen dan lumbung pangan di Sumatera bagian tengah.

Akses Jalan Padang-Bukittinggi Lumpuh Total Akibat Dihantam Banjir Lahar Dingin

"Sumbar sebagai salah satu produsen dan lumbung pangan Sumatera Tengah, baik tanaman pangan, hortikultura dan produsen telur nomor 7 di Indonesia, sejauh ini harga terkendali dan normal,"kata Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy, Senin 1 April 2024. 

Mendag Zulkifli Hasan

Photo :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah
Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi Terjang Pemukiman Warga

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menyebut bahwa sebagian besar harga pangan cenderung mulai turun khususnya di daerah Pulau Jawa dan Sumatera, menjelang Lebaran 2024/Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kita syukuri hari ini sudah masuk ke-21 bulan Suci Ramadan, Alhamdulillah harga-harga (pangan) cenderung turun sebagaimana tadi disampaikan oleh Plt BPS,” kata Zulkifli.

Kejar Target, Satgas Halal Kemenag Sumbar Gelar Kampanye di 101 Titik

Meski demikian, Mendag tetap menghimbau kepala daerah agar mewaspadai lonjakan harga-harga yang terlalu tinggi menjelang lebaran karena tinggi permintaan.