Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina Tiba di Mesir

Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Suharyanto
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Bantuan Kemanusiaan Pemerintah Indonesia untuk Palestina tiba di Bandara Internasional Kairo, Mesir pada Kamis, 4 April 2024 pukul 10.00 pagi waktu setempat. Bantuan ini dibawa dengan pesawat Garuda Indonesia tipe A330-900 yang juga membawa delegasi Indonesia untuk misi kemanusiaan.

Banjir Terjang Lima Kecamatan di Soppeng, 2.957 Jiwa Terdampak

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Suharyanto, menyebut bahwa bantuan yang dibawa itu, senilai 15,1 miliar rupiah. Bantuan ini terdiri dari obat-obatan, alat kesehatan, logistik, dan barang lainnya sesuai permintaan Pemerintah Mesir.

"Bantuan ini diberikan melalui Pemerintah Mesir. Karena terdapat 1,5 juta warga pengungsi Palestina di Kota Rafah, Mesir. Selain itu, beberapa rumah sakit di Mesir juga merawat korban konflik di wilayah Palestina," kata Suharyanto melalui siaran persnya, Jumat 5 April 2024. 

Satu Warga Tewas Akibat Banjir Sidenreng Rappang 

Kata Suharyanto, pengiriman bantuan ini dilakukan atas perintah Presiden Joko Widodo. Pada pelepasan bantuan di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jokowi mengatakan bahwa bantuan ini menunjukkan komitmen Indonesia untuk menjaga perdamaian dunia dan terlibat aktif dalam misi kemanusiaan.

"Kita berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi warga Palestina yang mengungsi maupun dirawat di Mesir. Mudah-mudahan bantuan ini dapat sedikit meringankan penderitaan rakyat Palestina akibat konflik di wilayah Gaza," tutup Suharyanto.

Banjir dan Longsor di Luwu Telan 14 Korban Jiwa, 1.385 KK Terdampak