Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi Terjang Pemukiman Warga

Banjir Lahar Gunung Marapi
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Banjir lahar dingin yang dimuntahkan oleh gunung Marapi, Sumatera Barat, menerjang pemukiman warga di sejumlah titik di Kabupaten Agam, Jumat sore 5 April 2024. Belum ada laporan resmi terkait dengan dampak kerusakan bangunan maupun korban jiwa akibar peristiwa ini.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Juru Bicara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, Ilham Wahab menyebut jika banjir lahar ini terjadi akibat dipicu tingginya curah hujan. Hingga kini kita masih melakukan kajian cepat untuk mengetahui lebih awal seperti apa dampak yang timbul akibat peristiwa ini.

"Banjir lahar ini dipicu curah hujan tinggi,"kata Ilham Wahab, Jumat 5 April 2024.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

Ilham bilang, berdasarkan informasi sementara, Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar terdampak banjir lahar dingin ini. Dari tiga wilayah itu, Kabupaten Agam terparah khususnya di daerah Simpang Bukik Lasi, Nagari Bukik Batabuah Kecamatan Canduang Kabupaten Agam.   

Selain pemukiman warga kata Ilham, banjir lahar dingin juga memutus total akses lalu lintas Padang Panjang - Bukittinggi tepatnya di daerah Aia Angek. Kondisi ini disebabkan, lantaran luasan sungai tak mampu lagi menampung debit air yang kian membesar.

Koper CJH Maksimal 32 Kg, Simak Penjelasan Kemenag Sumbar

"Sementara belum diketahui kerusakan atau korban jiwa dalam peristiwa ini. Banjir lahar dingin sedang terjadi saat ini,"tutup Ilham.