Akses Jalan Padang-Bukittinggi Lumpuh Total Akibat Dihantam Banjir Lahar Dingin

Dampak Banjir Lahar Dingin
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, Rudy Rinaldy mengungkap hingga kini akses lalu lintas Padang - Bukittinggi khususnya di kawasan Aie Angek, X Koto, Tanah Datar, masih belum bisa dilalui akibat banjir lahar dingin gunung Marapi yang terjadi pada Jumat sore 5 April 2024.

Jalur Sialing Putus Akibat Dihantam Banjir Bandang

"Material Lahar dingin dari puncak Marapi tersebut menggenangi badan jalan sehingga tidak bisa dilalui kendaraan,"kata Rudy Rinaldy, Jumat 5 April 2024.

Anggota Satlantas Polres Padang Panjang, Brigadir Hary Eko melaporkan bahwa kondisi terkini di ruas jalan Aie Angek, X Koto sama sekali tidak bisa dilalui.  Ia pun mengimbau pengendara yang hendak menuju atau datang dari Bukittinggi melewati jalur alternatif lewat daerah Malalak.

Sudah 37 Warga Meninggal Dunia Akibat Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi 

"Bagi pengendara yang dari Padang menuju Bukittinggi atau sebaliknya diminta melewati jalur alternatif lewat Malalak,"tutupnya.

Diketahui, peristiwa banjir lahar dingin gunung Marapi ini, dipicu tingginya curah hujan sore tadi. Sehingga membawa material abu vulkanik dari puncak Marapi. Informasi terakhir, Bukik Batabuah, Canduang dan Batu Taba, Ampek Angkek, Kabupaten Agam dan Aie Angek, X Koto, menjadi wilayah terparah.

Eksplorasi Seni dan Budaya dalam Persiapan Festival Maek

Hingga kini, belum diketahui dampak kerugian material maupun korban jiwa yang timbul akibat peristiwa ini.