Sempat Lumpuh, Rute Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui 

Lalin Padang-Bukittinggi di Aia Angek Pasca Banjir Lahar Dingin
Sumber :
  • Padang Viva/Humas Polda Sumbar

Padang – Kabid Humas Polda Sumatera Barat, Kombes Pol Dwi Sulistyawan memastikan bahwa jalan Padang-Bukittinggi yang sempat lumpuh selama 4 jam akibat banjir lahar dingin gunung marapi di Simpang Aia Angek, Nagari Aia Angek, Kecamatan X Kota, Tanah Datar, kini sudah bisa dilalui.

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

"Saat banjir lahar dingin tadi, jalanan sempat ditutup dari pukul 17.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Saat ini jalanan sudah bisa dilalui dengan sistem buka tutup," kata Kombes Pol Dwi Sulistyawan, Jumat malam 5 April 2024.

Dwi Sulistyawan bilang, Banjir lahar dingin yang terjadi sore tadi membawa material lumpur dari Gunung Marapi dan menutupi badan jalanan, sehingga akses Padang-Bukittinggi terputus.

Pemkab Solsel Imbau Warga Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem

Meski curah hujan masih tinggi, namun sesaat pasca kejadian Petugas dari kepolisian, TNI, dan BPBD langsung turun ke lokasi untuk melakukan pembersihan material banjir lahar dingin. Setelah 4 jam bekerja keras, akhirnya jalanan kembali bisa dilalui pada pukul 21.00 WIB.

"Saat ini, jalanan masih diberlakukan buka tutup untuk mengantisipasi terjadinya banjir lahar dingin susulan. Pengguna jalan diimbau untuk berhati-hati dan waspada saat melintasi kawasan tersebut,"tutup Dwi Sulistyawan.

Tragedi Banjir Lahar Dingin Semeru: 3 Warga Lumajang Meninggal Dunia