Gunung Marapi Sumatera Barat Erupsi Lagi

Erupsi Marapi
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Gunung Marapi, Sumatera Barat, kembali mengalami erupsi pada 14 April 2024 pukul 17.39 WIB. Meskipun tinggi kolom abu tidak teramati, erupsi ini, tercatat dalam seismogram dengan amplitudo maksimum 11 milimeter dan durasi sementara ini sekitar 27 detik.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

"Saat ini, Gunung Marapi tertutup kabut dan erupsi masih berlangsung ketika laporan ini dibuat,"kata Kepala Pos Pengamat Gunung Marapi, Ahmad Rifandi, Minggu 14 April 2024.

Gunung Marapi kata Ahmad, sampai saat ini masih berada pada Status Level III alias siaga dengan beberapa rekomendasi yang diberikan, antara lain, masyarakat di sekitar Gunung Marapi, pendaki, pengunjung maupun wisatawan diminta untuk tidak memasuki wilayah radius 4.5 kilometer dari pusat erupsi (Kawah Verbeek) Gunung Marapi.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

Lalu kata Ahmad, masyarakat yang tinggal di sekitar lembah, aliran atau bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi, juga diminta selalu waspada terhadap potensi ancaman bahaya lahar terutama pada musim hujan.

Apabila terjadi hujan abu, masyarakat disarankan menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan (ISPA), serta perlengkapan lainnya untuk melindungi mata dan kulit.

Koper CJH Maksimal 32 Kg, Simak Penjelasan Kemenag Sumbar

Selain itu, sarana air bersih perlu diamankan, dan atap rumah perlu dibersihkan dari abu vulkanik yang tebal untuk mencegah kerusakan.

"Seluruh pihak juga diminta menjaga kondusivitas situasi di masyarakat, tidak menyebarkan informasi palsu (hoax), dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat diharapkan selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah,"tutup Ahmad Rifandi.