Gunung Api Ruang Meletus Dahsyat

Gunung Ruang Meletus
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Gunung Api Ruang, yang terletak di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, mengalami peningkatan aktivitas dari Level II (WASPADA) menjadi Level III (SIAGA). 

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Peningkatan ini terjadi setelah hasil pemantauan visual dan instrumental mengindikasikan adanya peningkatan aktivitas vulkanik pada Gunung Ruang. Perubahan ini berlaku mulai tanggal 16 April 2024 pukul 16.00 WITA.

Selasa malam 16 Aprill 2024 Gunung Ruang meletus, mengakibatkan dampak terutama bagi Desa Pumpente dan Desa Patologi di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. 

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

Pada Rabu 17 April 2024 pukul 01:30 WIB, terjadi erupsi lanjutan yang menyebabkan hujan abu vulkanik. Akibatnya, sinyal komunikasi di Kampung Laingpatehi terputus.

"Dampak erupsi ini mendorong evakuasi sebanyak 272 Kepala Keluarga atau 828 jiwa,"kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut, Rabu 17 Aprul 2024. 

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

Ia bilang, di antara warga yang mengungsi, 45 jiwa mengungsi di Gedung BPU Kecamatan Tagulandang, sementara 783 jiwa menetap di rumah kerabat dan saudara di daratan Pulau Tagulandang. 

Lokasi pengungsian kata Abdul, meliputi Gereja GMIST Nazareth Bahoi, Balai Latihan Kerja Bahoi, GOR Tagulandang, serta Balai Pertemuan Umum (BPU) di Kecamatan Tagulandang. 

Halaman Selanjutnya
img_title