Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

Dampak banjir Musi Rawas Utara
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut bahwa banjir yang merendam tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan, dilaporkan mulai surut sejak Selasa malam 23 April 2024.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Menurut Abdul, pihaknya menerima informasi tiga wilayah kecamatan yang terbebas dari banjir, yakni Kecamatan Karang Jaya, Rupit dan Karang Dapo. 

Namun demikian, fasilitas Listrik masih terganggu di wilayah yang terdampak banjir, sedangkan akses jaringan komunikasi masih terganggu di Kecamatan Karang Dapo dan Rawas Ilir. 

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

"Hingga kini, kita masih menunggu pemutakhiran situasi di satu wilayah kecamatan lain yang juga terdampak banjir, yaitu Kecamatan Ulu Rawas dan Rawas Ulu,"kata Abdul Muhari, Rabu 24 April 2024. 

Data terakhir kata Abdul, jumlah keluarga yang mengungsi mencapai 12.953 Kepala Keluarga atau 51.812 jiwa. Dengan surutnya genangan, kondisi tersebut mendorong warga kembali ke rumah dan dapat membersihkan material sampah yang terbawa banjir. 

Penanganan Darurat Tetap Berlanjut Meskipun Status Gunungapi Ruang Turun menjadi Level III

"Banjir yang terjadi setelah adanya hujan lebat ini mengakibatkan 4 warga meninggal dunia. Tiga di antaranya merupakan warga Kecamatan karang Jaya, sedang satu lainnya dari Kecamatan Ulu Rawas. Semua korban jiwa telah dievakuasi petugas,"ujar Abdul. 

Selain dampak korban jiwa kata Abdul, banjir juga mengakibatkan adanya kerugian di sektor perumahan dan fasilitas umum.

Halaman Selanjutnya
img_title