Kemendikbudristek Klaim Program Prioritas Terimplementasi dengan Baik di Nusa Tenggara Barat

Tenaga Kependidikan Lombok
Sumber :
  • Humas Kemendikbudristek

Padang – Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbudristek, Nunuk Suryani menyebut bahwa implementasi berbagai program prioritas Kemendikbudristek yang menunjukkan hasil positif di Nusa Tenggara Barat.

Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024 Jelajahi 7 Kawasan Kearifan Lokal di Indonesia

"NTB merupakan salah satu provinsi yang sudah mengimplementasikan Gerakan Merdeka Belajar dengan baik,"kata Nunuk Suryani, Rabu 24 April 2024.

Lebih lanjut, Nunuk menjelaskan bahwa Kemendikbudristek terus berupaya memaksimalkan program prioritasnya melalui kolaborasi dengan pemerintah daerah. Salah satu fokus utama adalah program ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru.

Menjelajah Warisan Budaya Minangkabau di Museum Bustanil Arifin Padang Panjang

"Kami mendorong pemerintah daerah untuk membuka formasi PPPK Guru sebanyak-banyaknya. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik dan meningkatkan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan," jelas Nunuk.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur, Yulian Ugi Lusianto, mengungkapkan bahwa pihaknya juga terus berupaya membuka formasi guru sesuai kebutuhan.

Pemkab Solsel Bakal Lakukan Penataan Parkir di Pasar Muara Labuh

"Saat ini, Lombok Timur masih kekurangan 3.424 guru. Kami telah mengangkat 80% dari 234 Guru Penggerak menjadi Kepala Sekolah untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang berpusat pada siswa," ungkap Yulian.

Yulian berharap kerja sama dengan Kemendikbudristek dapat terus berlanjut untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih berkualitas di Lombok Timur.