Walinagari Tak Kunjung Dilantik, Warga Protes ke Camat Koto XI Tarusan

Demo warga di Kantor Kecamatan Koto XI Tarusan
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Puluhan ninik mamak, tokoh masyarakat, dan warga di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menggelar aksi protes di kantor kecamatan setempat pada Kamis 25 April 2024.

Banjir Bandang Terjang Musi Rawas Utara

Buntut dari tidak dilantiknya PAW Walinagari, massa aksi kemudian menuntut agar Camat Koto XI Tarusan, Nurlaini, dicopot dari jabatannya karena dianggap sudah tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik, termasuk juga soal penanganan bantuan bencana.

"Kami merasa bahwa kinerjanya tidak memadai. Kami meminta agar dia dicopot," kata koordinator aksi, Dasril Jabar Dt Kayo, Kamis 25 April 2024.

Kepala BNPB Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Bumi Bawean

Dasril mengungkapkan bahwa penanganan bantuan bencana telah menimbulkan protes dari warga, yang bahkan menyebabkan ketegangan di Nagari Duku, Nagari Duku Utara, dan wilayah lainnya.

"Masalah bantuan bencana telah menimbulkan kemarahan warga, bahkan kantor Wali Nagari Duku sempat disegel. Di Duku Utara, situasinya juga tegang," ujar Dasril.

Kampung Baru Huberta Solok Selatan Kian Berkembang Pesat

Sementara terkait pelantikan wali nagari, Dasril menyatakan bahwa Wali Nagari Nanggalo terpilih belum dilantik meskipun sudah enam bulan sejak pemilihan dan pemenangnya telah ditetapkan.

"Kami meminta agar wali nagari yang terpilih segera dilantik, namun hingga saat ini belum ada tindakan. Ini sungguh mengherankan," kata Dasril Jabar Dt Kayo.

Halaman Selanjutnya
img_title