Hari Ini Partai Gerindra Sumbar Buka Pendaftaran Cakada

Ilustrasi surat suara pemilu
Sumber :
  • vstory

Padang – Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumatera Barat, Evi Yandri Rajo Budiman menyebut jika pihaknya mulai hari ini, Selasa 7 Mei 2024 membuka pendaftaran untuk Calon Kepala Daerah (Cakada).

Jalur Sialing Putus Akibat Dihantam Banjir Bandang

Evi bilang, pendaftaran yang akan dibuka hingga 20 Mei 2024 ini, diperuntukkan bagi putra-putri terbaik Sumatera Barat yang berkeinginan dan memiliki kompetensi, kualitas dan elektabilitas untuk bertarung di bursa Pemilihan Gubernur, Walikota, dan Bupati.

"Pendaftaran calon Gubernur bisa dilakukan langsung di kantor DPD Gerindra Sumbar, sementara untuk calon Bupati dan Walikota dapat mendaftar melalui DPC Gerindra di daerah masing-masing,"kata Evi Yandri Rajo Budiman, Selasa 7 Mei 2024.

Sudah 37 Warga Meninggal Dunia Akibat Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi 

Evi menejlaskan bahwa para calon yang mendaftar ke Partai nya terlebih dahulu harus mengisi formulir pendaftaran dan memenuhi beberapa kriteria persyaratan seperti surat permohonan, kesediaan menjadi bakal calon, dan setia terhadap Pancasila dan UUD NRI 1945 dan menyampaikan daftar harta kekayaan pribadi, riwayat hidup, serta pernyataan tidak pernah menjabat sebagai kepala daerah sebelumnya.

Selain itu, kata Evi, para calon harus bersedia mengemban visi dan misi partai Gerindra, serta menerima keputusan partai. Mereka juga harus menyatakan pengunduran diri dari jabatan di instansi pemerintah atau badan usaha milik negara, serta tidak aktif dari jabatan tersebut sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh DPC setempat.

Eksplorasi Seni dan Budaya dalam Persiapan Festival Maek

Dikatakan Evi lagi, dalam penjaringan bakal calon kepala daerah ini, Partai Gerindra tidak membatasi pihak manapun yang ingin mendaftar. Termasuk jika ada kader Gerindra yang mempunyai keinginan mencalonkan diri dalam Pilkada 2024.

Evi menambahkan bahwa dalam proses penjaringan untuk bakal calon kepala daerah ini, tidak ada istilah mahar di partai Gerindra. Artinya tidak ada biaya pun alias gratis bagi yang mendaftar ke Gerindra. 

Halaman Selanjutnya
img_title