Jalur Sialing Putus Akibat Dihantam Banjir Bandang

Rute Silaing yang rusak akibat banjir bandang
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Banjir bandang yang melanda kawasan Silaing, Sumatera Barat (Sumbar) pada Minggu 12 Mei 2024 dini hari telah menyebabkan putusnya akses jalan lintas nasional di wilayah tersebut. Jalur ini merupakan jalan utama yang menghubungkan antara Padang dan Bukittinggi beserta sekitarnya.

Sudah 37 Warga Meninggal Dunia Akibat Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi 

Selain merusak akses jalan, banjir bandang ini juga dilaporkan menyeret sejumlah truk dan kendaraan roda empat. Kapolres Padang Pariaman, AKBP Faisol Amir, mengimbau para pengendara yang hendak menuju Kota Bukittinggi dan sekitarnya untuk mencari jalur alternatif. 

"Jalur alternatif yang dapat digunakan antara lain adalah melalui Kelok 44 di Kabupaten Agam atau Sitinjau Lauik di Kabupaten Solok,"kata AKBP Faisol Amir, Senin 13 Mei 2024.

Eksplorasi Seni dan Budaya dalam Persiapan Festival Maek

Kata Faisol, pihaknya mengimbau para pengendara agar mencari jalur alternatif apabila hendak menuju Kota Bukittinggi dan sekitarnya. Ini dikarenakan, kondisi jalan di Silaing sangat parah dan tidak aman untuk dilalui kendaraan. 

"Aspal jalan telah tergerus, sehingga sebaiknya mencari jalur alternatif lain karena di Silaing sama sekali tidak bisa dilalui," tutup AKBP Faisol Amir.

Kemenag Sumbar Tak Segan-segan Tindak Tegas Agen Travel Haji Nakal

Sementara itu, jumlah korban meninggal dunia akibat banjir lahar dingin Gunung Marapi, Sumatera Barat (Sumbar), terus bertambah.

Pemutakhiran data hingga saat ini mencatat bahwa jumlah korban meninggal dunia mencapai 37 orang, meningkat dari sebelumnya 27 orang. Tim SAR gabungan masih berupaya melakukan pencarian terhadap korban lainnya, dengan 17 orang dilaporkan masih dalam status hilang.