BNPB Pantau Pakai Helikopter Titik Rawan Galodo di Lereng Marapi dan Singgalang

Foto udara dampak banjir lahar dingin Marapi
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengambil langkah proaktif dengan menerbangkan helikopter untuk observasi aerial selama dua hari terakhir. 

BNPB Siapkan Strategi Cegah Kebakaran TPA Suwung

Misi ini bertujuan untuk memetakan titik-titik rawan galodo di lereng Gunung Marapi dan Singgalang guna mendukung efektivitas penanganan darurat dan langkah mitigasi bencana.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut bahwa tim observasi menyusuri wilayah hulu Batang Bengkawas, Batang Malana, Batang Kadurang, dan Batang Siritrit. 

Dilanda Puting Beliung, BPBD Padang Bantu Warga Terdampak

"Cuaca yang kurang bersahabat menghambat tim untuk mencapai puncak Marapi pada ketinggian 2.800 mdpl,"kata Abdul Muhari, Sabtu 25 Mei 2024.

Abdul Muhari bilang, tim observasi juga melakukan pemantauan ke titik sumber alur galodo, mulai dari hulu hingga hilir lokasi terdampak. Sasaran pemantauan meliputi Batang Katik, Batang Kepala Koto di Gunung Marapi, dan satu titik di Batang Galodo, Gunung Singgalang.

BPNB Targetkan Nusa Tenggara Timur Bebas Rabies Tahun Ini

"Upaya observasi aerial ini merupakan tindak lanjut dari empat arahan Presiden Joko Widodo pasca kunjungannya ke Kabupaten Agam,"ujar Abdul. 

Abdul merinci, pasca kunjungan Presiden Joko Widodo, ada Empat kesepakatan langkah lanjutan untuk penanganan bencana banjir lahar hujan atau galodo ini antara lain, peledakan batu-batu besar (demolish) material Gunungapi Marapi.

Halaman Selanjutnya
img_title