Konser Kolaborasi Lestarikan Gending Karawitan Jawa di Pacitan

Konser Selendhang Biru Tak Pernah Usai
Sumber :
  • Humas Kemendikbudristek

Padang – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menghadirkan konser Slendhang Biru Tak Pernah Usai di Museum dan Galeri SBY-Ani, Pacitan, Jawa Timur, Kamis 20 Juni 2024. 

Harmony in the Pacific: Jembatan Budaya Indonesia dengan Negara Pasifik 

Konser ini di sebut-sebut merupakan kolaborasi antara Kemendikbudristek melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media dengan komposer ternama, Gondrong Gunarto.

Lebih dari sekadar hiburan, konser ini menjadi wadah untuk menghormati dan membumikan kembali karya-karya maestro karawitan Jawa, Ki Nartosabdo.

Pemuda Indonesia Berkarya, Musik Tradisional Kembali Bersinar di Lokovasia 2024

Tujuan utamanya adalah melestarikan dan mengembangkan gending-gending karawitan Jawa yang agung kepada masyarakat luas, lintas generasi.

Adalah Ki Nartosabdo dikenal sebagai komponis ulung yang tak hanya mampu menciptakan gending baru, tetapi juga menemukan dan mengurai cara, gaya, pendekatan, dan perspektif baru dalam penciptaan gending berbasis gamelan.

Badan Bahasa dan Komisi X DPR RI Dorong Pemutakhiran KBBI Edisi VI

Di era modern ini, diperlukan pendekatan kompleks dengan cara kekinian untuk menjaga dan mengembangkan karya-karya Ki Nartosabdo. Membaca ulang gending-gending ciptaannya harus mampu menjangkau "bahasa musikal baru" agar dapat dinikmati oleh generasi saat ini.

Bahasa musikal baru ini diwujudkan dengan mengaransir ulang gending-gending Ki Nartosabdo dengan cara, gaya, dan pendekatan yang lebih modern, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Jawa.

Halaman Selanjutnya
img_title