Ketua DPRD Sumbar Sebut Dua Wilayah Ini Paling Rawan Peredaran Narkotika

Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Supardi, mengungkap bahwa kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, merupakan dua wilayah di Sumatera Barat dengan tingkat peredaran Narkotika cukup tinggi. 

Kadin Sumbar Minta Semua Pihak Hormati Hasil Munaslub 

Meski tidak menyebutkan soal angka, namun menurut Supardi, kondisi ini tak leias dari Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota sebagai pintu masuk ke Sumatera Barat. Ia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap peredaran narkotika ini.

"Peredaran narkotika di Payakumbuh merupakan ancaman serius yang harus diwaspadai bersama," kata Supardi dikutip dari keterangan resminya, Kamis 20 Juni 2024.

DPRD Ketok Palu Setujui APBD Perubahan Solsel 2024

Supardi bilang, khususnya Kota Payakumbuh memiliki dinamika sosial ekonomi yang unik dengan perputaran uang yang lambat di pagi hingga siang hari, namun mulai menggeliat di sore hingga malam hari. Hal ini dipandangnya berpotensi meningkatkan tingkat kriminalitas dan peredaran narkotika.

"Payakumbuh menjadi salah satu daerah dengan kasus narkotika tertinggi di Sumbar," ujar Supardi. 

Gerindra Bakal Pecat Anggota Dewan Kepulauan Mentawai yang Ditangkap Nyabu

Menurut Supardi, data nasional menunjukkan jika kasus narkotika sering terjadi di daerah pedesaan. Di Sumbar, daerah yang perlu diwaspadai sebagai pintu masuk narkotika diantaranya adalah Kabupaten Pasaman, Limapuluhkota, dan Kota Payakumbuh.

"Peredaran narkotika yang tinggi memiliki dampak negatif yang besar, termasuk menurunkan produktivitas masyarakat dan menghambat pembangunan ekonomi. Perlu adanya upaya bersama dari semua pihak untuk meminimalisir peredaran narkotika,"tutup Supardi lagi.