Keluarga Besar Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Datang ke Ranah Minang

Kedatangan Keluarga Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi
Sumber :
  • Humas Pemprov Sumbar

Padang – Keluarga Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, berkunjung ke Sumatera Barat. Kedatangan rombongan cucu dan cicit ulama tersohor pada Kamis kemarin, menyusul rencana penggantian nama Masjid Raya Sumbar menjadi Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Sumatera Barat.

Datang ke Padang, Kak Seto Mulai Usut Kekerasan Terhadap Anak di Sumbar

Nama baru ini, akan di resmikan bertepatan dengan peringatan tahun baru 1 Muharram 1446 Hijriah atau 7 Juli 2024.

Diketahui, Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, merupakan ulama tersohor asal Ranah Minang. Ia pernah menjadi Imam Besar di Masjidil Haram dan guru dari banyak pemimpin reformis Islam Indonesia 

LPAI Sarankan Pemeriksaan Rutin Terhadap Personel Polda Sumbar

"Sebagai orang Minangkabau, tentu kita sangat bangga, memiliki tokoh besar ulama yang pernah menjadi Imam di Masjidil Haram, sekaligus menjadi guru bagi ulama-ulama besar, seperti K.H. Ahmad Dahlan, K.H. Hasyim Asy'ari dan ulama-ulama besar lainnya," kata Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, dikutip dari keterangan resminya, Sabtu 6 Juli 2024.

Mahyeldi menjelaskan bahwa, gagasan penamaan Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, sejatinya sudah ada sejak 10 tahun lalu. Pengabadian nama beliau sebagai nama Masjid ini, merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan yang besar dari masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Pemko Padang Panjang Serahkan Dana Hibah Pengamanan Pilkada

Mahyeldi bilang, anak keturunan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi banyak yang menjadi tokoh penting dengan gelar keilmuan yang beragam. Karenanya, rombongan keluarga Syekh Ahmad Khatib ini nantinya juga akan berbagi pengalaman dan ilmu dengan mahasiswa dan perguruan tinggi yang ada di Sumbar.

"Mudah-mudahan dengan penamaan Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, hubungan kekeluargaan antara Sumbar dengan keluarga beliau yang tersebar di Timur Tengah semakin erat, serta membangkitkan semangat kita di Sumbar untuk mengikuti jejak langkah keberhasilan beliau," ujar Mahyeldi.

Halaman Selanjutnya
img_title