Upadate Gempa Batang: 240 Rumah Warga Alami Kerusakan 

Dampak Gempabumi Kabupaten Batang
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut bahwa berdasarkan pemuktahiran data terakhir, 240 rumah warga di wilayah Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempabumi magnitudo 4.4 yang terjadi pada Minggu 7 Juli 2024 lalu.

6 Meninggal, Puluhan Warga Suwawa Hilang Akibat Dihantam Longsor 

Dari 240 bangunan rumah yang dilaporkan rusak, kata Abdul sebanyak 14 diantaranya mengalami tingkat kerusakan berat. Sebaran kerusakan ini, terjadi di Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan

"Wilayah teridentifikasi adanya kerusakan berada di Kecamatan Batang, Warungasem dan Wonotunggal yang berada di Kabupaten Barang. Sedangkan di Kota Pekalongan, 2 rumah warga yang rusak di Kecamatan Pekalongan Timur,"kata Abdul Muhari melalui keterangan resminya, Rabu 10 Juli 2024. 

Gempabumi Magnitudoo 4.4 Kabupaten Batang Bikin Rusak Rumah dan Korban Jiwa

Abdul merinci, di Kabupaten Batang, sebaran kerusakan tertinggi di Kecamatan Batang, yaitu dengan 8 wilayah administrasi setingkat desa dan kelurahan. Selain kerusakan di sektor pemukiman, gempabumi ini juga berdampak pada kantor pemerintahan 8 unit, fasilitas pendidikan 15, tempat ibadah 5 dan pasar tradisional dengan rusak ringan 1. 

"Sejauh ini, tidak ada laporan adanya korban meninggal dunia. Namun, BNPB mendapatkan informasi sebanyak 13 warga mengalami luka ringan,"tutup Abdul. 

19 Desa di Bolaang Mongondow Selatan Terendam Banjir