Perbaikan Jalan dan Drainase di Padang Digenjot, Kondisi Jalan Mantap Capai 88 Persen

Proses perbaikan jalan
Sumber :
  • Diskominfo Kota Padang

Padang – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Padang terus menggencarkan upaya perbaikan jalan dan drainase di berbagai wilayah kota. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan dan meminimalisir risiko genangan air saat hujan deras.

Raja dan Sultan Dari Penjuru Nusantara Ikut Tradisi Makan Bajamba

Kepala Dinas PUPR Kota Padang, Tri Hadiyanto, menjelaskan bahwa hingga Juni 2024, pihaknya telah melakukan perbaikan jalan berupa penambalan (patching) di 126 titik jalan dengan luas total 20.648 meter persegi. 

Selain itu, 52 titik drainase juga telah dilakukan pengerukan sedimen atau rehabilitasi saluran drainase dengan panjang total 24.712,88 meter.

Pemko Padang Tekan Angka Kemiskinan, Ekonomi Tumbuh Positif

"Selain penambalan dan pengerukan drainase, pihaknya juga telah melakukan pengecoran di 20 titik jalan. Saat ini, kondisi jalan mantap di Kota Padang telah mencapai 88 persen dari total 625 kilometer jalan di daerah tersebut,"kata Tri, Rabu 24 Juli 2024.

Pencapaian ini kata Tri merupakan hasil verifikasi dari Kementerian PUPR dan melampaui target yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang, yakni 85 persen. Meskipun demikian, ia mengakui masih ada beberapa titik jalan yang perlu diperbaiki.

Pasar Tradisional di Padang Makin Modern, Jadi Magnet Baru Bagi Warga

"Kita akan terus berusaha melakukan perbaikan jalan di berbagai wilayah kota. Prioritasnya adalah jalan-jalan yang kondisinya rusak parah dan berpotensi membahayakan pengguna jalan," tutup Tri Hadiyanto.