Pasca Puting Beliung, Upacara Peringatan Kemerdekaan Tetap Berlangsung di Lapangan Kantin

Sekda Kota Bukittinggi, Martias Wanto
Sumber :
  • Amanda/ Viva.co.id

Padang – Pasca bencana puting beliung yang melanda Kawasan Lapangan Kantin Bukittinggi, kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 tahun tetap dilaksanakan.

Pemkab Solsel Ajak Seluruh Masyarakat Meriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-79

Hal ini disampaikan Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Sekda Kota Bukittinggi Martias Wanto yang mengatakan Upacara Peringatan Detik-Detik Kemerdekaan di Kota Bukittinggi tetap di gelar di Lapangan Kantin.

"Kemarin itu memang kita mengalami insiden puting beliung, namun masih skala kecil dan ada bagian dari tribun yang dibongkar, tapi ini tidak akan mengganggu karena diganti dengan pemasangan tenda, jadi pelaksanaan upacara detik proklamasi tetap di lapangan kantin," kata Martias Wanto, Jumat 16 Agustus 2024.

Sekdako Padang Panjang Ingatkan OPD untuk Berhati-Hati dalam Pendataan Penerima Bansos

Ia menjelaskan bahwa untuk panggung kehormatan tetap di panggung yang ada hari ini dan atap yang terbongkar itu diatasi dengan memakai tenda sehingga tidak ada persoalan.

"Sedangkan untuk rangkaian acara, sama seperti tahun yang lalu dan telah dimulai hari ini yaitu Mendengarkan Pidato Kenegaraan, malam ini juga dilaksanakan renungan suci, dan paginya dilakukan Upacara Peringatan Detik-Detik Kemerdekaan, sorenya obade dan penurunan bendera, baru besoknya 18 Agustus 2024 baru dilaksanakan pawai alegoris," ujarnya.

Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT RI ke-78

Sebelumnya, diketahui telah terjadi angin puting beliung pada Selasa 14 Agustus 2024 yang mengakibatkan terbangnya atap panggung atau podium.

Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa tapi terdapat satu unit kendaraan roda dua milik petugas tenda yang mengalami kerusakan akibat ditimpa atap tersebut.