Harmony in the Pacific: Jembatan Budaya Indonesia dengan Negara Pasifik 

Peserta program Harmony in the Pacific
Sumber :
  • Humas Kemendikbud

Padang – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkolaborasi dengan Kementerian Luar Negeri dan KBRI Suva melalui program Harmony in the Pacific berkomitmen untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan negara-negara di kawasan Pasifik melalui pendekatan kebudayaan dan warisan bersama (culture and shared heritage). 

Pemuda Indonesia Berkarya, Musik Tradisional Kembali Bersinar di Lokovasia 2024

Program ini, merupakan bagian dari visi “Pacific Elevation” yang bertujuan meningkatkan kerja sama antara Indonesia Timur dengan negara-negara di Pasifik.

Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid menyebut bahwa program ini, melibatkan residensi pelaku budaya yang terdiri dari 15 seniman musik dan bunyi serta 10 seniman tari atau gerak dari Indonesia, Papua Nugini, Vanuatu, Kepulauan Solomon, Kaledonia Baru, Kiribati, Nauru, dan Tuvalu. 

Badan Bahasa dan Komisi X DPR RI Dorong Pemutakhiran KBBI Edisi VI

"Para peserta telah melalui proses kurasi oleh kurator yang mumpuni dibidangnya yaitu Nyak Ina Raseuki dan Josh Marcy yang juga merupakan kurator dari Pekan Kebudayaan Nasional,"kata Hilmar Farid melalui keterangan resminya, Kamis 12 September 2024. 

Residensi ini kata Hilmar, diselenggarakan dalam dua tahap. Tahap pertama berlangsung di Labuan Bajo dan Maumere pada 9 sampai dengan 17 September 2024.

Hasil 50MP Galaxy Z Flip6 Bikin Kepincut Para Konten Kreator

Di mana para peserta akan berkolaborasi dengan komunitas seni lokal seperti VIDEOGE Arts & Society dan Komunitas KAHE.

Tahap kedua akan berlanjut di Suva, Fiji, dari 18 hingga 28 September 2024, dengan dukungan dari Fiji Arts Council. Hasil kolaborasi ini akan ditampilkan dalam dua showcase, salah satunya di acara resepsi diplomatik oleh KBRI Suva pada 27 September 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title