Indonesia Segera Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina 

Menko PMK, Muhadjir Effendy (kanan) dan Kepala BNPB (kiri)
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Indonesia kembali menunjukkan solidaritas global dengan merencanakan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina, Sudan, Yaman, dan Vietnam.

Indonesia-Australia Perpanjang Kerjasama di Bidang Penanggulangan Bencana

Langkah ini, merupakan kelanjutan dari komitmen Indonesia dalam membantu negara-negara yang sedang menghadapi krisis kemanusiaan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyebut bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian yang mendalam dari pemerintah Indonesia bagi negara-negara yang sedang mengalami krisis. 

Satu Keluarga Tewas Akibat Longsor dan Banjir Bandang di Aceh Tengah

"Indonesia turut berbelasungkawa atas kejadian krisis kemanusiaan kepada negara sahabat yaiti Yaman, Sudan dan Palestina, dan kejadian bencana Topan Yagi di Vietnam" kata Muhadjir dikutip dari keterangan resminya, Jumat 11 Oktober 2024. 

Bantuan ini menurut Muhadjir, akan dikoordinir dan didistrubisukan oleh oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

Kepala BNPB Raih Gelar Doktor Dengan Predikat Cumlaude

"Memberikan bantuan kemanusiaaan yang berasal dari Dana Siap Pakai BNPB kepada Yaman, Sudan dan Palestina, masing-masing senilai satu juta USD. Khusus untuk Vietnam berupa uang tunai untuk digunakan pasca Topan Yagi September yang," ujar Muhadjir. 

Muhadjir berharap pengiriman bantuan ini dapat meringankan beban korban bencana dan krisis kemanusiaan, serta mengukuhkan peran Indonesia dalam perdamaian dan aksi kemanusiaan internasional. 

Halaman Selanjutnya
img_title