DPK Padang Panjang Edukasi Pelajar tentang Pentingnya Daur Ulang Sampah

Kelas Kreatif Daur Ulang Sampah
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Padang Panjang menggelar Kelas Kreatif Daur Ulang Sampah untuk meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan. Sebanyak 25 pelajar antusias mengikuti pelatihan ini.

Pemkab Solsel Catat Belasan Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak Sepanjang 2024 

Dalam pelatihan ini, peserta diajarkan cara mengolah berbagai jenis sampah menjadi produk yang bermanfaat, seperti kerajinan tangan dan barang-barang dekoratif. 

Selain itu, mereka juga diberikan pemahaman tentang dampak negatif sampah terhadap lingkungan dan pentingnya mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang sampah.

Badan Usaha di Kota Padang di Wajibkan Kelola Sampah Secara Mandiri

"Kegiatan ini berlangsung Minggu kemarin. Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga, khususnya sampah anorganik menjadi kerajinan daur ulang,"kata instruktur Arif Wicaksono, Senin 14 Oktober 2024.

Arif menyampaikan, daur ulang sampah adalah kegiatan mengolah sampah untuk dijadikan produk baru.

Keseriusan Pemko Padang Kelola Sampah

Sampah plastik seperti gelas minuman kemasan dapat dikreasikan menjadi berbagai macam kerajinan. Di antaranya dibuat vas bunga, tas belanja, tempat kue dan tempat air kemasan.

"Sampah kertas dapat dibuat kerajinan berupa tempat tisu, jam dinding, tempat pensil, dan lain-lain. Untuk membuat kreasi daur ulang yang unik dan menarik, diperlukan kreativitas tinggi agar produk memiliki nilai jual," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title